Selasa, 21 Januari 2020

KOMUNIKASI PUBLIK
Keuangan Negara Komunikasikan Bersama



   Jumat, 17 Januari 2020. Sesuai dengan pembagian kelompok yang telah ditentukan kelompok kami kelompok pertama mengadakan sosialisasi dengan tema keuangan negara di SMA Negeri 10 Tangerang Selatan. Anggota kelompok berjumlah sepuluh orang, yang dibagikan kedalam 3 tim atau 3 kelas sesuai dengan pembagian materi yang telah ditentukan. Sebelum sosialisasi kelompok kami sudah terlebih dulu meminta ijin kepada pihak sekolah dan diberikan jangka waktu tertentu serta aturan-aturan selama sosialisasi dan materi apa saja yang diharapkan dapat tersampaikan serta pihak sekolah menjelaskan kondisi siswa-siswi yang akan mendapatkan sosialisasi.

   Siswa-siswi dipilih merupakan mereka yang sekarang sedang duduk dikelas XII dan sebentar lagi akan menghadapi ujian lalu menentukan jalan mereka selanjutnya, kuliah atau bekerja, jurusan dan keahlian apa yang akan mereka ambil. Untuk itu sosialisasi kami menyesuaikan dengan sasaran pendengar yaitu pelajar yang akan segera lulus, dan kami menjelaskan secara perlahan dengan bahasa sederhana namun ditingkat pelajar SMA. Selain materi tentunya kami memberikan bingkisan kepada mereka yang berani bertanya dan mengemukakkan pendapat karena komunikasi yang baik adalah yang dapat diterima dan komunikan memberikan feedback kepada komunikator. Untuk mengatasi rasa bosan karena durasi materi yang cukup lama kami mengadakan ice breaking  dengan berbagai jenis ada permainan kecil, ada menari bersama, dan kegiatan hiburan lainnya.

   Setiap kelas mendapatkan 3 komunikator dimana setiap komunikator menyampaikan materi yang berbeda-beda namun sudah disepakati materi sama dengan kelas lainnya. Materi bertemakan keuangan negara komunikasikan bersama diawali dari pembahasan tentang APBN ini bertujuan agar target komunikan atau pelajar mengetahui secara garis besar tentang pendapatan dan pengeluaran negara ini serta bagaimana kondisi struktur dari APBN. Selanjutnya materi dilanjutkan kedalam substansi lebih rinci yaitu Pajak, namun pembahasan pajak hanya secara sederhana dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan rasa peduli terhadap negeri ini atas penerimaan pajak dan mengedukasi isu-isu yang beredar tentang pajak dan keuangan negara ini. Materi pajak disampaikan dengan kaitannya siswa-siswi sebagai pelajar. Materi terakhir adalah tentang PKN STAN, dimana merupakan institusi pencetak calon-calon punggawa keuangan negara setelah mereka mengetahui tentang keuangan negara mereka dikenalkan tentang bidang-bidang keuangan negara yang ada di PKN STAN hal ini dilakukan sekaligus untuk meluruskan ius-isu tentang PKN STAN serta mengenalkan kepada mereka yang akan lulus

   Saya, Nanda Yunita sebagai komunikator menyampaikan materi pajak secara sederhana, tentang bagaimana penerimaan negara, perumpaan pajak, rakyat dan penyokong negara, mengkaitkan pajak dengan cita-cita mereka, serta memberikan ilustrasi tentang hak dan kewajiban mereka berkaitan dengan pajak. Hal yang saya sampaikan diterima dengan baik terbukti ada siswa yang mau menyampaikan pendapatnya dan bisa mengaitkannya dengan pajak begitu juga tatapan komunikan dimana memperhatikan bahan tayang yang ada dan mendengarkan penjelasan saya.

    Berikut saya lampirkan video rekap perjalanan serta video pribadi saya (video kelompok dapat dilihat di akun youtube yang sama).



   Kami menyadari apa yang kami lakukan masih jauh dari kata lengkap dan sempurna tetapi setidaknya kami sebagai manusia berilmu sudah sebaik-baiknya menjalankan kewajiban kami untuk berbagi kesesama. Terima kasih.


Oleh : Nanda Yunita 
22/2301181101 | 5-05 DIII Pajak Alih 2018 | Program Politeknik Keuangan Negara STAN
Dosen Pembimbing : Bapak Eman Sulaeman Nasim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar